Hasil gambar untuk TFI binus

Nama : Michael Satriaji

NIM : 2001537960

Jurusan : Computer Saints

DV Run adalah kegiatan 5K charity run dan UKM Expo yang diadakan untuk mendukung Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi dan Yayasan Sahabat Anak yang memperjuangkan hak anak-anak baik anak-anak yang tinggal dengan orang tuanya atau anak jalanan yang dilaksanakan oleh KMBD. Acara ini dilaksanakan pada hari minggu, 04 – 12 – 2016 yang terletak Ancol. kegiatan charity run ini dilaksanakan dengan memutari kawasan Ancol. Kegiatan ini dimulai dari Pasar Seni, lalu menuju ke arah pantai Ancol, melewati daerah pasar ikan, lalu kembali lagi ke Pasar Seni.

Pertama-tama kami diharapkan untuk tiba pada lokasi pukul 06.00 . Lokasi berkumpul terletak di daerah pasar seni. setelah kurang lebih seluruh peserta berkumpul di lokasi yang ditetapkan, maka dimulailah kegiatan awal yaitu stretching atau pemanasan. kegiatan pemanasan ini dilaksanakan pada puluk 07.00 .  Setelah kegiatan pemanasan selesai, kami langsung menuju ke garis start. setelah itu, dimulailah kegiatan charity run tersebut. Banyak sekali kakak-kakak yang menunggu di setiap pos untuk memberikan arahan kepada kami tentang jalur yang harus kami lewati dan yang tidak boleh kami lewati. Setelah sampai di daerah pantai, kami mendapatkan sebuah tantangan kecil seperti harus melewati ban, lalu melewati 5 buah bambu yang dibuat untuk kita agar kita harus menunduk dan meloncati bambu tersebut. setelah itu, kami tiba di sebuah pelabuhan yang di tempat tersebut banyak sekali nelayan yang berjualan hasil tangkapan mereka pada malam hari. setelah itu kami tiba lagi di daerah pantai ancol dan sudah selesai memutari daerah pesisir pantai. setelah kami tiba di garis finish, kami disambut oleh anak-anak yang memberikan kami sebuah medali. Lalu kami disambut oleh stand stand yang menyuguhkan kami You-C 1000. Sehabis menerima minuman tersebut, kami langsung diarahkan untuk menuju tenda yang terletak didepan panggung untuk melakukan absensi yang bertujuan untuk mengetahui apakah kami hadir atau tidak harir.

Alasan saya mengikuti kegiatan DV Run ini cukup sederhana. Saya ingin berkumpul dengan teman-teman saya yang mengikuti kegiatan ini, lalu saya ingin melatih tubuh agar tidak mudah lelah dan tidak seharian duduk di depan komputer. lalu, saya ingin menyumbang sedikit untuk para anak-anak yang membutuhkan.

foto-foto kegiatan DV Run :

S__14368802S__14368794

Anak jalanan adalah sebuah istilah yang mengacu pada anak-anak tunawisma yang tinggal di wilayah jalanan. Lebih mendetail menurut UNICEF, anak jalanan yaitu berusia sekitar di bawah 18 tahun dan bertempat tinggal di wilayah kosong yang tidak memadai, serta biasanya tidak ada pengawasan. Jumlah anak jalanan terus meningkat. Saat ini tercatat di Kementerian Sosial (Kemensos) mencapai sekitar 4,1 juta. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyebutkan jumlah anak jalanan meningkat 100 persendibandingkan 2015. Pada tahun lalu jumlahnya hanya mencapai  juta orang. Semua itu ditampung di 6 Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) di seluruh Indonesia. (google.com)

Sarana yang dapat diberikan kepada para anak jalanan adalah : sebuah tempat penampungan dan tempat rehabilitas agar mereka dapat mendapatkan pendidikan yang cukup layak, lalu memberikan mereka sebuah lapangan kerja yang lebih baik dibandingkan hanya melakukan “ngamen”, mengemis, berjualan yang tidak perlu, dll. Selain itu, lebih baik memberikan sebuah arahan agar mereka dapat melakukan kegiatan sosial.

Leave a Reply